Tulisan yang mengubah persepsi (Project 02)







 Mendapatkan tulisan yang bagus dan dapat membuat pembacanya terhanyut dalam fantasi bahkan mengubah persepsinya tentang dunia khayal atau nyata itu sangatlah susah. Apalagi untuk seorang yang masih belajar sedikit demi sedikit meracik kata-kata yang pas dalam suatu kalimat.


 Kata-kata sendiri bermain-main dengan penggunanya membuat mereka kewalahan agar dapat mendapat setidaknya kata yang pas dalamnya. Banyak kata-kata yang masih main bersembunyi dengan penggunanya.


 Untuk mendapatkan rahasia-rahasia membuat tulisan bahkan kata-kata yang sulit kita dapat membacanya buku dari ringan sampai berat. Dengan banyaknya membaca maka kita sendiri akan mengerti dari kata-kata yang maknanya sebenarnya samar dalam satuan namun tepat dalam rangkaian kalimat yang ada pada tiap-tiap buku.


 Semakin indahnya kata-kata atau nyamannya suatu kata-kata maka sang pembaca akan mengingat dengan baik apa-apa yang terjadi. Dan hal-hal seperti ini dapat membuat mindset atau persepsi seseorang akan sedikit demi sedikit merubah apa yang ia pikirkan, baik saat itu juga atau melamban, hanya saat membaca buku, atau selama apapun ia setelah membacanya.


 Persepsi ini bisa dalam pemikiran baik hati, dimana sang pembaca benarbenar menaruh segala perasaannya hingga mengeluarkan emosi, atau baik menggunakan logikanya dimana ia berpikir apakah ini bisa dikaitkan dengan kenyataan.


 Menurut saya sendiri dalam suatu tulisan ada baiknya nyata dan fantasi dipadupadankan sehingga disini membuat si pembaca berpikir dengan logika, bahkan membuat sedikit demi sedikit persepsinya mulai condong pada tulisan yang membuatnya banyak berpikir.


 Semakin berkualitas tulisan maka akan membuat si pembaca menggunakan perasaannya atu bahkan merubah persepsinya. Disini saya sendiri ingin merubah tulisan saya agar lebih dapat mengeluarkan pendapat-pendapatnya, atau bahkan mengeluarkan emosi-emosi, agar si pembaca sendiri betah berlama-lama dengan tulisan saya.


 Memang ada benarnya bahwa setiap individu berbeda-beda dalam persepsinya, namun jika disatukan dalam suatu wadah semisal tulisan itu maka persepsi-persepsi itu akan berubah tentang kebenarannya tulisan itu atau indahnya tulisan itu, baik tulisan tersebut hanya semu belaka, atau nyata.


 Persepsi-persepsi ini akan makin membuat menjadi satu keyakinan apabila si penulis mampu menggiring si pembaca menuju satu tujuan, walau si penulis tidak mengakhirkan tulisan tersebut terhadap pembacanya.


 Namun ada juga yang membuat dua hingga lebih kemungkinan bertujuan untuk si pembacanya yang berpikir sendiri bagaimana cerita tersebut berakhir, baik secara akhir yang menyenangkan, menyedihkan, atau bahkan membingungkan. Mereka bertujuan untuk membuat persepsi mereka masing-masing berubah.


 Tulisan yang bertujuan merubah persepsi biasa (menurut saya sendiri) biasanya adalah politik, dan berita. Dimana si pembaca seakan membaca suatu sudut, dan bahkan mengubah persepsi besar-besaran, karena itu akan membuat hidup si pembaca juga berangsur-angsur berubah atas apa persepsinya.


 Namun ada juga tulisan yang hanya mengubah secara kecil-kecilan antara lain novel, cerita pendek, dan lainnya. Dimana tulisan itu hanya tulisan belaka dan membuat si pembaca mengerti itu hanya fantasi belaka. Dan semisal ia mendalami persepsi itu hanya untuk kesenangan belaka dalam fantasi-fantasi orang tersebut disela-sela ia berkegiatan tiap harinya.


 Tulisan bermakna banyak sekali, mungkin disini saya hanya membagi sedikit, tapi semoga dapat bermanfaat untuk tulisan kalian masing-masing!



-Mimikyuu





~o0O0o~

Comments

Popular Posts